TAUFIQ AKBAR - 17512311 - 4PA06 - JURUSAN PSIKOLOGI - FAKULTAS PSIKOLOGI - UNIVERSITAS GUNADARMA | TAUFIQ AKBAR - 17512311 - 4PA06 - JURUSAN PSIKOLOGI - FAKULTAS PSIKOLOGI - UNIVERSITAS GUNADARMA | TAUFIQ AKBAR - 17512311 - 4PA06 - JURUSAN PSIKOLOGI - FAKULTAS PSIKOLOGI - UNIVERSITAS GUNADARMA | TAUFIQ AKBAR - 17512311 - 4PA06 - JURUSAN PSIKOLOGI - FAKULTAS PSIKOLOGI - UNIVERSITAS GUNADARMA | TAUFIQ AKBAR - 17512311 - 4PA06 - JURUSAN PSIKOLOGI - FAKULTAS PSIKOLOGI - UNIVERSITAS GUNADARMA

Sabtu, 16 Maret 2013

Mitos Suatu Daerah : Nyai Roro Kidul / Ratu Laut Selatan

By FATH INDONESIA | At 3/16/2013 09:50:00 PM | Label : | 1 Comments
Mitos Suatu Daerah : Nyai Roro Kidul / Ratu Laut Selatan 


Definisi

Mitos yang dalam bahasa Yunani disebut μῦθος - mythos adalah cerita prosa rakyat yang menceritakan kisah berlatar masa lampau, mengandung penafsiran tentang alam semesta dan keberadaan makhluk didalamnya, serta dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita atau penganutnya. Dalam pengertian yang lebih luas, mitos dapat mengacu kepada cerita tradisional. Pada umumnya mitos menceritakan terjadinya alam semesta, dunia dan para makhluk penghuninya, bentuk topografi, kisah para makhluk supranatural,dan sebagainya. Mitos dapat timbul sebagai catatan peristiwa sejarah yang terlalu dilebih-lebihkan, sebagai personifikasi atau penggambaran benda-benda mati (tidak bernyawa) seolah-olah memiliki sifat kemanusiaan bagi fenomena alam, atau sebagai suatu penjelasan tentang ritual. Mereka disebarkan untuk menyampaikan pengalaman religius atau ideal, untuk membentuk model sifat-sifat tertentu, dan sebagai bahan ajaran dalam suatu komunitas.

Mitos juga dapat diartikan sebagai satu cerita, pendapat atau anggapan dalam sebuah kebudayaan yang dianggap mempunyai kebenaran mengenai suatu perkara yang pernah berlaku pada suatu masa dahulu, yang kebenarannya belum tentu benar adanya (Harry Lubis, 2009).

Mitos Nyai Roro Kidul / Ratu Laut Selatan



Dahulu kala pernah hidup seorang putri yamg amat cantik bernama Kadita. Karena begitu cantiknya, ia dijuluki dewi Srengege yang berarti matahari indah. Dewi Srengenge atau putri Kadita ini adalah anak dari Raja Munding Wangi. Meskipun sang raja mempunyai seorang putri yang cantik, ia selalu bersedih karena sebenarnya ia selalu berharap mempunyai anak laki-laki. Raja pun kemudian menikah lagi dengan Dewi Mutiara dan mendapatkan putra dari pernikahan tersebut. Maka, bahagialah sang Raja Munding Wangi.

Dewi Mutiara ingin agar kelak putranya itu menjadi raja, dan ia pun berusaha agar keinginannya itu terwujud. Kemudian Dewi Mutiara datang menghadap raja, dan meminta agar sang raja menyuruh putrinya pergi dari istana. Tentu saja raja menolak. “Sangat menggelikan, saya tidak akan membiarkan siapapun yang ingin bertindak kasar pada putriku”, kata Raja Munding Wangi. Mendengar jawaban itu, Dewi Mutiara pun tersenyum dan berkata manis sampai raja tidak marah lagi kepadanya. Tapi walaupun demikian, dia tetap berniat mewujudkan keinginannya itu. 

Pada pagi harinya, sebelum matahari terbit, Dewi Mutiara mengutus pembantunya untuk memanggil seorang dukun. Dia ingin sang dukun mengutuk Kadita, anak tirinya. “Aku ingin tubuhnya yang cantik penuh dengan kudis dan gatal-gatal. Bila engkau berhasil, maka aku akan memberikan suatu imbalan yang tak pernah kau bayangkan sebelumnya.” Sang dukun menuruti perintah sang ratu. Pada malam harinya, tubuh Kadita telah dipenuhi dengan kudis dan gatal-gatal. Ketika dia terbangun, dia menyadari tubuhnya berbau busuk dan dipenuhi dengan bisul. Putri yang cantik itu pun menangis dan tak tahu harus berbuat apa.

Ketika Raja mendengar kabar itu, beliau menjadi sangat sedih dan mengundang banyak tabib untuk menyembuhkan penyakit putrinya. Beliau sadar bahwa penyakit putrinya itu tidak wajar, seseorang pasti telah mengutuknya. Masalah pun menjadi semakin rumit ketika Ratu Dewi Mutiara memaksanya untuk mengusir putrinya. “Putrimu akan mendatangkan kesialan bagi seluruh negeri,” kata Dewi Mutiara. Karena Raja tidak menginginkan putrinya menjadi gunjingan di seluruh negeri, akhirnya beliau terpaksa menyetujui usul Ratu Mutiara untuk mengirim putrinya ke luar dari negeri itu.

Putri yang malang itu pun pergi sendirian, tanpa tahu kemana harus pergi. Dia hampir tidak dapat menangis lagi. Dia memang memiliki hati yang mulia. Dia tidak menyimpan dendam kepada ibu tirinya, malah ia selalu meminta agar Tuhan mendampinginya dalam menanggung penderitaan. Mitos Suatu Daerah : Nyai Roro Kidul / Ratu Laut Selatan | pyscholozy.blogspot.com

Hampir tujuh hari dan tujuh malam dia berjalan sampai akhirnya tiba di Samudera Selatan. Dia memandang samudera itu. Airnya bersih dan jernih, tidak seperti samudera lainnya yang airnya biru atau hijau. Dia melompat ke dalam air dan berenang. Tiba-tiba, ketika air Samudera Selatan itu menyentuh kulitnya, mukjizat terjadi. Bisulnya lenyap dan tak ada tanda-tanda bahwa dia pernah kudisan atau gatal-gatal. Malah, dia menjadi lebih cantik daripada sebelumnya. Bukan hanya itu, kini dia memiliki kuasa untuk memerintah seisi Samudera Selatan. Kini ia menjadi seorang peri yang disebut Nyi Roro Kidul atau Ratu Pantai Samudera Selatan yang hidup selamanya.

Beragam dampak timbul karena adanya mitos ini. Bahkan, berbagai kalangan pun ikut berapresiasi atas adanya mitos ini. Seperti yang dilakukan nelayan pantai selatan Jawa. Setiap tahunnya, mereka mengadakan sedekah laut sebagai persembahan kepada sang Ratu agar menjaga keselamatan para nelayan dan membantu usaha mereka agar penghasilan mereka semakin baik. Sedekah laut dilakukan oleh para nelayan dipantai Pelabuhan Ratu, Ujung Genteng, Pangandaran, Cilacap serta Sakawayana. Selain itu, mitos mengenai Nyai Roro Kidul ini juga berdampak pada turis atau wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai Selatan. Mereka terus diperingatkan oleh warga sekitar yang sangat meyakini mitos ini untuk tidak memakai pakaian berwarna hijau. Kabar yang berhembus, Nyai Roro Kidul sangat menyukai warna hijau. Sehingga setiap orang yang berkunjung ke pantai Selatan dengan mengenakan pakaian warna hijau dipercaya akan hilang, diambil oleh Nyai Roro Kidul untuk dijadikan tentara atau pelayannya.

Tak hanya sampai disitu dampak yang ditimbulkan oleh mitos ini. Kalau tadi wisatawan yang terkena dampaknya, kali ini pihak pemilik hotel yang ikut berpartisipasi atas mitos ini. Pemilik hotel yang bertempat di pantai Selatan Jawa dan Bali menyediakan ruangan khusus untuk Ratu pantai Selatan ini. Seperti hotel Grand bali Beach yang menyediakan kamar 327 dan 2401 khusus untuk Nyai Roro Kidul. Alasannya karena kamar 327 adalah satu-satunya kamar yang tidak terbakar pada peristiwa kebakaran besar  pada bulan Januari tahun 1993. Sehingga mereka beranggapan kamar 327 berhubungan dengan Nyai Roro Kidul. Kamar 327 dan 2401 selalu dirawat dan diberi hiasan ruangan dengan warna hijau serta diberi sesuguhan atau sesaji setiap hari. Sama halnya dengan hotel Grand Bali Beach, hotel Samudra Beach di Pelabuhan Ratu juga menunjuk kamar khusus untuk  yaitu kamar 308. Di kamar ini terpajang beberapa lukisan Nyai Roro Kidul karya pelukis Basuki Abdullah. Hotel Queen of the South di dekat Parangtritis menunjuk kamar 33 untuk Nyai Roro Kidul.

Tag : Membuat artikel mengenai mitos yang ada disuatu daerah dan diarahkan kejenis mitos yang mana? Apakah termasuk legenda, cerita rakyat atau mitos yang sebenarnya??

Menurut saya pribadi mitos ini masuk kedalam jenis legenda, kenapa?? karena legenda itu sendiri merupakan cerita prosa rakyat yang dianggap oleh yang mempunyai cerita sebagai sesuatu yang benar-benar terjadi. Oleh karena itu, legenda sering kali dianggap sebagai "sejarah" kolektif (folk history). Karena mitos ini tidak tertulis dan mungkin cerita dari "mulut ke mulut"/"orang ke orang", maka kisah tersebut telah mengalami distorsi sehingga sering kali jauh berbeda dengan kisah aslinya. Oleh karena itu, jika legenda hendak dipergunakan sebagai bahan untuk merekonstruksi sejarah, maka legenda harus dibersihkan terlebih dahulu bagian-bagiannya dari yang mengandung sifat-sifat folklor.
Mitos Suatu Daerah : Nyai Roro Kidul / Ratu Laut Selatan | pyscholozy.blogspot.com
Mitos Suatu Daerah : Nyai Roro Kidul / Ratu Laut Selatan | psycholozy.blogspot.com
Mitos Suatu Daerah : Nyai Roro Kidul / Ratu Laut Selatan | psycholozy.blogspot.com
Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Mitos
http://id.wikipedia.org/wiki/Ratu_Laut_Selatan
http://fuadramadan.wordpress.com/2011/10/13/mitos-nyai-roro-kidul/

Minggu, 10 Maret 2013

Tugas : Pengantar Aplikasi Komputer 2B (1)

By FATH INDONESIA | At 3/10/2013 10:22:00 PM | Label : | 0 Comments
Nama           : Taufiq Akbar
NIM  : 17512311
Kelas  : 1PA04
Mata Kuliah : Pengantar Apl. Komputer 2B
Dosen          : Dr. ASEP JUARNA, SSi, MKom

1. Buatlah tabel perkalian 1 – 10 !!!




2. Bangkitkan 10 data @ (5 + bilangan acak) hitung rata-rata dan standar deviasi nya !!!




3. Ketentuan nilai huruf mata kuliah adalah :
A : >84
B : >64 - ≤84
C : >54 - ≤64
D : >40 - ≤54
E : ≤40

Bangkitkan 10 nilai anak antara 30 - 100 tentukan nilai hurufnya !!!






*              Originally created by Taufiq Akbar              *

Jumat, 02 November 2012

Lirik Lagu Michel Teló - Ai Se Eu Te Pego (Lyrics)

By FATH INDONESIA | At 11/02/2012 06:12:00 PM | Label : , | 2 Comments

Lirik Lagu Michel Teló - Ai Se Eu Te Pego (Lyrics)



Ai Se Eu Te Pego

Nossa, nossa
Assim você me mata
Ai se eu te pego
Ai ai se eu te pego

Delícia, delícia
Assim você me mata
Ai se eu te pego
Ai ai se eu te pego

Sábado na balada
A galera começou a dançar
E passou a menina mais linda
Tomei coragem e comecei a falar

Nossa, nossa
Assim você me mata
Ai se eu te pego
Ai ai se eu te pego

Delícia, delícia
Assim você me mata
Ai se eu te pego
Ai ai se eu te pego

Sábado na balada
A galera começou a dançar
E passou a menina mais linda
Tomei coragem e comecei a falar

Nossa, nossa
Assim você me mata
Ai se eu te pego
Ai ai se eu te pego

Delícia, delícia
Assim você me mata
Ai se eu te pego
Ai ai se eu te pego

Nossa, nossa
Assim você me mata
Ai se eu te pego
Ai ai se eu te pego

Delícia, delícia
Assim você me mata
Ai se eu te pego
Ai ai se eu te pego


Arti dari lirik lagu Ai Se Eu Te Pego :

Ah, Jika Saja Aku Bisa Menyentuh Tanganmu

Wah, wah
Bisa-bisa kau membunuhku kalau begitu
Ah, jika saja aku bisa menyentuh tanganmu
Ah, ah, jika saja aku bisa menyentuh tanganmu

Menyenangkan, Menyenangkan
Bisa-bisa kau membunuhku kalau begitu
Ah, jika saja aku bisa menyentuh tanganmu
Ah, ah, jika saja aku bisa menyentuh tanganmu

Pesta malam minggu
Ketika semua orang mulai menari
Gadis terseksi di tempat ini lewat di depanku
Jadi aku memberanikan diri dan berkata kepadanya

Wah, wah
Bisa-bisa kau membunuhku kalau begitu
Ah, jika saja aku bisa menyentuh tanganmu
Ah, ah, jika saja aku bisa menyentuh tanganmu

Menyenangkan, Menyenangkan
Bisa-bisa kau membunuhku kalau begitu
Ah, jika saja aku bisa menyentuh tanganmu
Ah, ah, jika saja aku bisa menyentuh tanganmu

Pesta malam minggu
Ketika semua orang mulai menari
Gadis terseksi di tempat ini lewat di depanku
Jadi aku memberanikan diri dan berkata kepadanya

Wah, wah
Bisa-bisa kau membunuhku kalau begitu
Ah, jika saja aku bisa menyentuh tanganmu
Ah, ah, jika saja aku bisa menyentuh tanganmu

Menyenangkan, Menyenangkan
Bisa-bisa kau membunuhku kalau begitu
Ah, jika saja aku bisa menyentuh tanganmu
Ah, ah, jika saja aku bisa menyentuh tanganmu

Wah, wah
Bisa-bisa kau membunuhku kalau begitu
Ah, jika saja aku bisa menyentuh tanganmu
Ah, ah, jika saja aku bisa menyentuh tanganmu

Menyenangkan, Menyenangkan
Bisa-bisa kau membunuhku kalau begitu
Ah, jika saja aku bisa menyentuh tanganmu
Ah, ah, jika saja aku bisa menyentuh tanganmu

Michel Teló e Neymar Ai Se Eu Te Pego Nossa, nossa Assim você me mata Ai se eu te pego Ai ai se eu te pego Delícia, delícia Assim você me mata Ai se eu te pego Ai ai se eu te pego Sábado na balada A galera começou a dançar E passou a menina mais linda Tomei coragem e comecei a falar

Sumber
http://artists.letssingit.com/michel-telo-lyrics-ai-se-eu-te-pego-2rcs1wt
http://lyricstranslate.com/en/ai-se-eu-te-pego-ah-jika-saja-aku-bisa-menyentuh-tanganmu.html

Kamis, 01 November 2012

8 Kecerdasan Manusia / Multiple Intelligences

By FATH INDONESIA | At 11/01/2012 06:06:00 PM | Label : | 8 Comments

8 Kecerdasan Manusia / Multiple Intelligences






Seorang ahli riset dari Amerika, Prof. Howard Gardner, mengembangkan model kecerdasan “Multiple Intelligences” yang artinya bermacam-macam kecerdasan. Maksudnya setiap orang memilki bermacam-macam kecerdasan, tetapi dengan kadar pengembangan yang berbeda. Yang di maksud kecerdasan menurut Gardner adalah suatu kumpulan kemampuan atau keterampilan yang dapat ditumbuhkembangkan.

Menurut Howard Gardner dalam setiap diri manusia ada 8 macam kecerdasan, yaitu:

1. KECERDASAN LINGUISTIK
Kecerdasan linguistik adalah kemampuan untuk menggunakan kata-kata secara efektif, baik secara lisan maupun tulisan.

Ciri-ciri:
1. Anda senang bermain dengan kata-kata. Anda menikmati puisi. Anda suka mendengarkan cerita.
2. Anda membaca apa saja; buku, majalah, surat kabar dan bahkan label produk.
3. Anda merasa mudah dan percaya diri mengekspresikan diri anda baik secara lisan maupun tulisan. Contohnya, anda pintar dalam berkomunikasi dan pintar dalam menceritakan atau menulis mengenai sesuatu hal.
4. Anda suka membumbui percakapan anda dengan hal-hal menarik yang baru saja anda baca atau dengar.
5. Anda suka mengerjakan teka-teki silang,bermain scrable atau bermain puzzle. Anda dapat mengeja dengan sangat baik.
6. DLL

2. KECERDASAN LOGIK MATEMATIK
Kecerdasan logik matematik ialah kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah. Ia mampu memikirkan dan menyusun solusi (jalan keluar) dengan urutan yang logis (masuk akal).

Ciri-ciri:
1. Anda senang bekerja dengan angka dan dapat melakukan perhitungan mental (mencongak).
2. Anda tertarik dengan kemajuan teknologi dan gemar melakukan percobaan untuk melihat cara kerja sesuatu hal.
3. Anda merasa mudah melakukan perencanaan keuangan. Anda menetapkan target dalam bentuk angka dalam bisnis dan hidup anda.
4. Anda senang menyiapkan jadwal perjalanan secara terperinci. Anda sering menyiapkan, memberi nomor dan menetapkan suatu daftar kerja (to-do-list).
5. Anda senang dengan permainan, puzzle atau sesuatu yang membutuhkan kemampuan berpikir logis dan statistis seperti permainan cheker atau catur.
6. DLL

3. KECERDASAN VISUAL DAN SPASIAL
Kecerdasan visual dan spasial adalah kemampuan untuk melihat dan mengamati dunia visual dan spasial secara akurat (cermat).

Ciri-ciri:
1. Anda menyukai seni, menikmati lukisan dan patung. Anda memilki citra rasa yang baik akan warna.
2. Anda cenderung menyukai pencatatan secara visual dengan menggunakan kamera atau handycam.
3. Anda bisa menulis dengan cepat saat anda mencatat atau berpikir mengenai sesuatu. Anda dapat menggambar dengan cukup baik.
4. Anda merasa mudah membaca peta atau melakukan navigasi, anda memilki kemampuan mengerti arah yang baik.
5. Anda menikmati permainan seperti puzzle.
6. DLL

4. KECERDASAN MUSIK
Kecerdasan musik adalah kemampuan untuk menikmati, mengamati, membedakan, mengarang, membentuk dan mengekspresikan bentuk-bentuk musik. Kecerdasan ini meliputi kepekaan terhadap ritme, melodi dan timbre dari musik yang didengar.

Ciri-ciri:
1. Anda dapat memainkan alat musik.
2. Anda dapat menyanyi sesuai dengan tinggi rendahnya kunci nada.
3. Anda biasanya dapat mengingat sebuah irama hanya dengan mendengarkan beberapa kali saja.
4. Anda sering mendengarkan musik. Anda bahkan kadang kala menghadiri konser musik. Anda suka -bahkan butuh- mendengarkan lagu sambil anda bekerja.
5. Anda mengikuti irama musik dengan baik dan tanpa sadar mengetuk-ngetukkan jari anda mengikuti irama lagu itu.
6.DLL

5. KECERDASAN INTERPERSONAL
Kecerdasan interpersonal ialah kemampuan untuk mengamati dan mengerti maksud, motivasi dan perasaan orang lain.

Ciri-ciri:
1. Anda senang bekerja sama dengan orang lain dalam suatu kelompok atau komite.
2. Anda lebih suka belajar kelompok dari pada belajar sendiri.
3. Orang sering kali datang kepada anda untuk meminta nasihat. 4. anda adalah orang penuh simpati.
5. Anda lebih suka team sport seperti basket, soffball, sepak bola dari pada individual seperti renang dan lari.
6. DLL

6. KECERDASAN INTRAPERSONAL
Kecerdasan intrapersonal adalah kemampuan yang berhubungan dengan kesadaran dan pengetahuan tentang diri sendiri. Dapat memahami kekuatan dan kelemahan diri sendiri. Mampu memotivasi dirinya sendiri dan melakukan disiplin diri.

Ciri-ciri:
1. Anda memiliki buku harian untuk mencatat pikiran anda yang sangat dalam dan pribadi.
2. Anda serimg menyendiri untuk memikirkan dan memecahkan masalah itu sendiri.
3. Anda menetapkan tujuan anda.
4. Anda adalah seorang pemikir independen (mandiri). Anda tahu pikiran anda dan anda memutuskan sendiri keputusan anda.
5. Anda mempunyai hobi atau kesenangan yang bersifat pribadi yang tidak banyak anda bagikan atau ungkapkan kepada orang lain.
6. DLL

7. KECERDASAN KINESTETIK
Kecerdasan kinestetik ialah kemampuan dalam menggunakan tubuh kita secara terampil untuk mengungkapkan ide, pemikiran dan perasaan.

Ciri-ciri:
1. Anda gemar berolahraga atau melakukan kegiatan fisik.
2. Anda cakap dalam melakukan sesuatu seorang diri.
3. Anda senang memikirkan persoalan sambil aktif dalam kegiatan fisik seperti berjalan atau lari.
4. Anda tidak keberatan jika diminta untuk menari.
5. Setiap kali anda pergi ke pusat hiburan atau permainan, anda senang dengan permainan yang sangat menantang dan “mengerikan” secara fisik seperti jet coaster.
6. DLL

8. KECERDASAN NATURALIS
Kecerdasan naturalis adalah kemampuan untuk mengenali, membedakan, mengungkapkan dan membuat kategori terhadap apa yang di jumpai di alam maupun lingkungan.

Ciri-ciri:
1. Anda senang memelihara atau menyukai hewan.
2. Anda dapat mengenali dan membedakan nama berbagai jenis pohon, bunga dan tanaman.
3. Anda tertarik dan memilki pengetahuan yang cukup mengenai bagaimana tubuh bekerja -di mana letak organ tubuh yang penting- dan anda mengerti akan kesehatan.
4. Anda tahu jalur atau jalan setapak, sarang burung dan hewan liar lainnya saat anda berjalan di alam dan anda bisa “membaca” cuaca.
5. Anda dapat membayangkan diri anda sebagai seorang petani atau mungkin anda suka memancing.
6. DLL

Dari delapan kecerdasan (intelligence) tersebut, manakah yang menjadi keunggulan agan dan mana yang belum digunakan secara maksimal?

Dengan mengetahui bahwa kita memiliki kelebihan atau kekurangan pada kecerdasan tertentu, kita akan dapat berbenah diri dan meningkatkan kemampuan kita. Oleh karena itu, satu atau beberapa dari 8 kecerdasan diatas adalah milikmu!!!


Sumber


http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=15043249


Selengkapnya

http://3nd0.blogspot.com/2011/04/multiple-intelligence-which-one-are-you.html

Senin, 29 Oktober 2012

Pengaruh Kebudayaan Asing Manakah yang Sulit dan yang Mudah Di Terima

By FATH INDONESIA | At 10/29/2012 02:30:00 PM | Label : | 1 Comments

Pengaruh Kebudayaan Asing Manakah yang Sulit dan yang Mudah Di Terima


Postingan kali ini saya akan mencoba menjawab tugas dari dosen tercinta Ilmu Budaya Dasar, Ibu Meti Nurhayati, perihal membuat tulisan tentang manusia dan kebudayaan, adapun isi dan batasan masalahnya yaitu, pengaruh kebudayaan asing manakah yang sulit dan yang mudah diterima, berikan penjelasannya!!!

Unsur kebudayaan asing yang masuk akibat globalisasi, sangat berpengaruh terhadap kebudayaan bangsa Indonesia, karena pengaruh tersebut merambat sangat cepat dan menyangkut berbagai bidang kehidupan. Pengaruh itu juga akan menghasilkan dampak yang sangat luas pada sistem kebudayaan masyarakat di Indonesia. Apabila masyarakat Indonesia tidak mampu menahan berbagai pengaruh kebudayaan yang datang dari luar dan menerimanya serta-merta maka akan terjadi ketidak-seimbangan dalam kehidupan masyarakat itu sendiri.
Masuknya unsur kebudayaan asing yang belum bahkan tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia, sangat di khawatirkan dapat menyebabkan terjadinya kegoncangan budaya. Akan tetapi di sisi lain, masuknya unsur kebudayaan asing juga bermanfaat bagi kehidupan dan kemajuan bangsa Indonesia.

Unsur-unsur kebudayaan asing yang mudah diterima :

  • Unsur kebudayaan kebendaan.
  • Unsur kebudayaan yang membawa manfaat besar.
  • Unsur kebudayaan yang mudah disesuaikan dengan keadaan masyarakat yang menerima unsur-unsur kebudayaan tersebut.

Karena pada umumnya unsur kebudayaan asing berupa kebendaan seperti halnya peralatan, sudah dirasakan sangat bermanfaat bagi masyarakat yang menerimanya. Contohnya : Komputer, Laptop, Notebook, PDA, Tablet PC, Smartphone, Handphone dan lain sebagainya. Tanpa adanya unsur kebudayaan kebendaan ini masyarakat Indonesia akan jauh tertinggal dalam peradaban globalisasi. Adanya kemajuan teknologi dan komunikasi membuat informasi yang datang dari luar pun dapat dengan mudah dan cepat kita terima. Seperti halnya : Internet, Televisi, Radio dan lain-lain.

Unsur-unsur kebudayaan asing yang sulit diterima :

  • Unsur-unsur yang menyangkut sistem kepercayaan seperti ideologi, falsafah hidup dan lain-lain.
  • Unsur-unsur yang dipelajari pada taraf pertama proses sosialisasi.
    Contoh : Makanan pokok, orang Indonesia pertama kali di perkenalkan dengan makanan pokok berupa nasi, sehingga ada yang berpendapat ‘kalau belum makan nasi, perut terasa belum pas’.



Dengan masuknya unsur-unsur globalisasi yang sangat gencar dalam waktu yang relatif cepat akan mengakibatkan terjadinya berbagai perubahan sosial secara berkesinambungan. Hal ini menyebabkan anggota-anggota masyarakat tidak mampu mengukur tindakannya dan dan tidak dapat mengantisipasi arus globalisasi yang sedang berlangsung. Kebimbangan yang dihantui masyarakat Indonesia dalam menerka-nerka kebudayaan asing mana yang pas dengan ideologi bangsa akibat ‘serangan’ unsur-unsur kebudayaan dari luar dapat mendorong perbuatan menyimpang seperti pergaulan bebas, gaya berpakaian yang tidak sesuai dengan norma-norma, konsumerisme meningkat sedangkan produktif menurun, dan penyalahgunaan narkotika.

Faktor-faktor yang mempengaruhi diterima atau tidaknya suatu unsur kebudayaan baru, antara lain :

1. Keterbatasan masyarakat dalam hubungan atau kontak dengan kebudayaan dan dengan orang-orang yang berasal dari luar masyarakat tersebut.

2. Pandangan hidup dan nilai yang dominan dalam suatu kebudayaan, ditentukan oleh nilai-nilai agama.
3. Corak struktur sosial suatu masyarakat turut menentukan proses penerimaan kebudayaan baru.

4. Suatu unsur kebudayaan diterima jika sebelumnya sudah ada unsur-unsur kebudayaan yang menjadi landasan bagi diterimanya unsur kebudayaan yang baru tersebut.

5. Apabila unsur yang baru itu memiliki skala kegiatan yang terbatas.

Tidak bisa dipungkuri bahwa halnya generasi muda dianggap sebagai individu-individu yang cepat dan mudah menerima unsur-unsur kebudayaan asing yang masuk melalui proses akulturasi.
Oleh sebab itu, generasi muda sebaiknya dapat menfilterisasi unsur-unsur kebudayaan asing mana yang dapat di ambil sesuai dengan ideology dan norma-norma yang berlaku dimasyarakat dan unsur-unsur kebudayaan asing mana yang hanya cukup kita ketahui tetapi tidak diaplikasikan dalam kehidupan berkebudayaan di Indonesia.


Referensi
dari
http://piljehteomi.blogspot.com/2011/05/budaya-asing-yang-sulit-diterima-dan.html
- dengan menambahkan kosakata dan merubah gaya bahasa -
oleh
http://psycho-tech.blogspot.com/
Referensi
dari
http://piljehteomi.blogspot.com/2011/05/budaya-asing-yang-sulit-diterima-dan.html
- dengan menambahkan kosakata dan merubah gaya bahasa -
oleh
http://psycho-tech.blogspot.com/
◄ Posting Baru Posting Lama ►
Semua konten atau isi yang terdapat di postingan di psycholozy.blogspot.com, merupakan hak cipta masing-masing pemilik. Jika Anda pemilik hak cipta dari suatu konten atau isi dan tidak ingin ditampilkan dalam psycholozy.blogspot .com, Anda dapat mengirimkan email pemberitahuan dan saya akan segera menghapus konten atau isi yang bersangkutan. Klik Contact Me untuk tindak lebih lanjut.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Join Our Fan Page on Facebook!

Chat

Join Conversation

Copyright © 2012. psycholozy - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz