TAUFIQ AKBAR - 17512311 - 4PA06 - JURUSAN PSIKOLOGI - FAKULTAS PSIKOLOGI - UNIVERSITAS GUNADARMA | TAUFIQ AKBAR - 17512311 - 4PA06 - JURUSAN PSIKOLOGI - FAKULTAS PSIKOLOGI - UNIVERSITAS GUNADARMA | TAUFIQ AKBAR - 17512311 - 4PA06 - JURUSAN PSIKOLOGI - FAKULTAS PSIKOLOGI - UNIVERSITAS GUNADARMA | TAUFIQ AKBAR - 17512311 - 4PA06 - JURUSAN PSIKOLOGI - FAKULTAS PSIKOLOGI - UNIVERSITAS GUNADARMA | TAUFIQ AKBAR - 17512311 - 4PA06 - JURUSAN PSIKOLOGI - FAKULTAS PSIKOLOGI - UNIVERSITAS GUNADARMA

Jumat, 19 April 2013

Modernisasi Dan Dampak Modernisasi

Modernisasi Dan Dampak Modernisasi


Menurut kalian apa dampak dari modernisasi, apakah berdampak positif atau sebaliknya?
Uraikan opini kalian!

3 poin yang bisa kita uraikan dalam menjawab pertanyaan diatas :
1. Apa itu modernisasi?
2. Bagaimana dampak modernisasi?
3. Bagaimana opini/pendapat pribadi setelah mengetahui modernisasi beserta dampaknya??


Pengertian Modernisasi

Modernisasi adalah sebuah bentuk perubahan dari keadaan yang kurang maju atau kurang berkembang ke arah yang lebih baik dengan harapan akan tercapai kehidupan masyarakat yang lebih maju, berkembang, dan makmur.


Dampak Modernisasi

Dampak Positif Modernisasi

Perubahan Tata Nilai dan Sikap
Adanya modernisasi dalam zaman sekarang ini bisa dilihat dari cara berpikir masyarakat yang irasional menjadi rasional.

Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi.
Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi masyarakat menjadi lebih mudah dalam beraktivitas dan mendorong untuk berpikir lebih maju, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pula yang membentuk masa modernisasi yang terus kian berkembang dan maju di waktu sekarang ini.

Tingkat Kehidupan yang lebih Baik
Di bukanya industri atau industrialisasi berdasarkan teknologi yang sudah maju menjadikan nilai dalam memproduksi alat-alat komunikasi dan transportasi yang canggih, dan juga merupakan salah satu usaha mengurangi pengangguran dan meningkatkan taraf hidup masyarakat, hal ini juga dipengaruhi tingkat ilmu pengetahuan dan teknologi yang membantu perkembangan modernisasi.

Dampak Negatif Modernisasi

Pola Hidup Konsumtif
Perkembangan teknologi industri yang sudah modern dan semakin pesat membuat penyediaan barang kebutuhan masyarakat melimpah. Dengan begitu masyarakat mudah tertarik untuk menkonsumsi barang dengan banyak pilihan yang ada, sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Sikap Individualistik
Masyarakat merasa dimudahkan dengan teknologi maju membuat mereka merasa tidak lagi membutuhkan orang lain dalam beraktivitas. Padahal manusia diciptakan sebagai makhluk sosial.

Gaya Hidup Kebarat-baratan
Tidak semua budaya Barat baik dan cocok diterapkan di Indonesia. Budaya negatif yang mulai menggeser budaya asli adalah anak tidak lagi hormat kepada orang tua, kehidupan bebas remaja, dan lain-lain.

Kesenjangan Sosial
Apabila dalam suatu komunitas masyarakat hanya ada beberapa individu yang dapat mengikuti arus modernisasi dan globalisasi maka akan memperdalam jurang pemisah antara individu dengan individu lainnya. Dengan kata lain individu yang dapat terus mengikuti perkembangan jaman memiliki kesenjangan tersendiri terhadap individu yang tidak dapat mengikuti suatu proses modernisasi tersebut. Hal ini dapat menimbulkan kesenjangan sosial antara individu satu dengan lainnya, yang bisa disangkutkan sebagai sikap individualistik.

Kriminalitas
Kriminalitas sering terjadi di kota-kota besar karena menipisnya rasa kekeluargaan, sikap yang individualisme, adanya tingkat persaingan yang tinggi dan pola hidup yang konsumtif.


Opini Tentang Modernisasi

Menurut saya pribadi tentang modernisasi ini sangatlah bagus dan positif, karena modernisasi itu sendiri merupakan suatu asa atau keinginan seseorang ataupun kelompok untuk mengadakan perubahan dari keadaan yang kurang maju ke arah yang lebih maju, baik itu dalam berpikir, menalar maupun bertindak.

Seperti halnya ilmu pengetahuan dan teknologi, yang merupakan salah satu hasil dari modernisasi, dapat  kita rasakan manfaatnya begitu luar biasa, yang tadinya kita kesulitan dalam beberapa hal kini semakin mudah dalam beraktivitas serta mendorong untuk berpikir lebih, jauh lebih bahkan sangat lebih maju lagi.

Untuk dampak negatifnya saya pastikan tidak ada, karena hal itu secara psikologi kembali kepada pembawaan pribadi masing-masing, apakah kita terlena dalam kemudahan yang diberikan oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi ini sehingga kita menjadi manusia yang bersikap konsumtif, individualis bahkan diperparah dengan mengikuti gaya hidup kebarat-baratan atau kita menjadikan kemudahan ilmu pengetahuan dan tekonologi sebagai acuan untuk berkarya, kreatif, produktif, sosialis, dan jadi diri sendiri yang lebih baik dengan tidak mengikuti gaya hidup kebarat-baratan.

Pilihan ada ditangan kita ^_^


*              Originally created by Taufiq Akbar              *

Sumber
V
http://id.wikipedia.org/wiki/Modernisasi

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
Semua konten atau isi yang terdapat di postingan di psycholozy.blogspot.com, merupakan hak cipta masing-masing pemilik. Jika Anda pemilik hak cipta dari suatu konten atau isi dan tidak ingin ditampilkan dalam psycholozy.blogspot .com, Anda dapat mengirimkan email pemberitahuan dan saya akan segera menghapus konten atau isi yang bersangkutan. Klik Contact Me untuk tindak lebih lanjut.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Join Our Fan Page on Facebook!

Chat

Join Conversation

Copyright © 2012. psycholozy - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz