Komponen (Elemen Sistem)
Yo What's Up..
Pada postingan kali ini psycholozy akan membahas tentang Komponen (Elemen Sistem)
Gambar 1. Komponen (Elemen Sistem)
Karakteristik Sistem / Elemen Sistem :
- Memiliki KomponenSuatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, bekerja sama membentuk satu kesatuan. Komponen-komponen sistem dapat berupa suatu subsistem atau bagian-bagian dari sistem. Setiap sistem tidak perduli betapapun kecilnya, selalu mengandung komponen-komponen atau subsistem-subsistem. Setiap subsistem mempunyai sifat-sifat dari sistem untuk menjalankan suatu fungsi tertentu dan mempengaruhi proses sistem secara keseluruhan.
Suatu sistem dapat mempunyai suatu sistem yang lebih besar yang disebut supra sistem, misalnya suatu perusahaan dapat disebut dengan suatu sistem dan industri yang merupakan sistem yang lebih besar dapat disebut dengan supra sistem. Kalau dipandang industri sebagai suatu sistem, maka perusahaan dapat disebut sebagai subsistem. Demikian juga bila perusahaan dipandang sebagai suatu sistem, maka sistem akuntansi adalah subsistemnya. - Batas Sistem (Boundary)
Batas sistem merupakan daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem yang lainnya atau dengan lingkungan luarnya. Batas sistem ini memungkinkan suatu sistem dipandang sebagai suatu kesatuan. Batas suatu sistem menunjukkan ruang lingkup (scope) dari sistem tersebut. - Lingkungan (Environment)Apapun di luar batas dari sistem yang mempengaruhi operasi sistem.
- Penghubung Sistem (Interface)
Merupakan media penghubung antara satu subsistem dengan subsistem yang lainnya. - Masukan Sistem (Input)
Merupakan energi yang dimasukkan ke dalam sistem. Masukan dapat berupa masukan perawatan (maintenance input) dan masukan sinyal (signal input).
* Maintenance input : energi yang dimasukkan supaya sistem tersebut dapat beroperasi.
* Signal input : energi yang diproses untuk didapatkan keluaran.
Sebagai contoh didalam sistem komputer, program adalah maintenance input yang digunakan untuk mengoperasikan komputernya dan data adalah signal input untuk diolah menjadi informasi. - Keluaran Sistem (Output)
Merupakan hasil dari energi yang diolah oleh sistem. - Pengolah Sistem (Process)
Merupakan bagian yang memproses masukan untuk menjadi keluaran yang diinginkan. - Sasaran atau Tujuan Sistem
Apabila sistem tidak mempunyai sasaran, maka operasi sistem tidak akan ada gunanya.
Referensi:
Haryadi, H. (2009). Administrasi perkantoran untuk manajer & staf. Jakarta: Transmedia Pustaka.
Fatta, H. A. (2007). Analisis dan perancangan sistem informasi untuk keunggulan bersaing perusahaan dan organisasi modern. Yogyakarta: Andi Offset.
------------------------------------------------------------------------------------------------
Sistem Informasi Berbasis Komputer
Computer Based Information System
(CBIS)
A. Definisi CBIS
Menurut Wahyono (2003) Computer Based Information System (CBIS) atau yang dalam Bahasa Indonesia disebut juga Sistem Informasi Berbasis Komputer merupakan sistem pengolah data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dipergunakan untuk suatu alat bantu pengambilan keputusan. Beberapa istilah yang terkait dengan CBIS yang akan dibahas pada bagian ini antara lain adalah data, informasi, sistem, sistem informasi dan “basis komputer” sebagai kata kuncinya.
Menurut Laudon & Laudon (2008) Sistem Informasi Berbasis Komputer atau Computer Based Information System (CBIS) merupakan sistem informasi untuk pemrosesan dan penyebaran informasi yang mengandalkan piranti keras (hardware) dan piranti lunak (software) pada komputer.
Menurut Fatta (2007) istilah Computer Based Informastion Sistem (CBIS) mengacu pada sistem informasi yang dikembangkan berbasis teknologi komputer.
" CBIS = Hardware + Software + People + Procedures + Information "
B. Evolusi CBIS
1. Sistem Informasi Akutansi (SIA)
Sistem informasi akutansi melaksanakan akuntansi perusahaan, aplikasi ini ditandai dengan penngolahan data yang tinggi.
a. Pengolahan Data
Manipulasi atau transformasi simbol-simbol seperti angka dan abjad untuk tujuan meningkatkan kegunaannya.
b. Tujuan Pengolahan Data
Mengumpulkan data yang menjelaskan kegiatan perusahaan, mengubah data tersebut menjadi informasi serta menyediakan informasi bagi pemakai didalam maupun di luar perusahaan.
c. SIA melaksanakan empat tugas dasar :
1) Pengumpulan data
2) Manipulasi data, pengklasifikasian, penyortiran, perhitungan, pengikhtisaran, penyiapan dokumen.
3) Penyimpanan data
4) Penyiapan data
d. Karakteristik SIA
Lima karakteristik pengolahan data yang membedakan SIA dengan subsistem CBIS yang lain :
1) Melaksanakan tugas yang diperlukan
2) Berpegang pada prosedur yang relatif standar
3) Menangani data yang rinci
4) Terutama berfokus historis
5) Menyediakan informasi pemecahan masalah yang minimal.
e. Contoh Sistem Informasi Akuntansi
Sistem terdistribusi yang digunakan perusahaan distribusi yaitu perusahaan yang mendistribusikan produk dan jasanya ke pelanggan (misal : perusahaan yang berorientasi produk seperti; manufaktur, pedagang besar, pengecer dll).
2. Sistem Informasi Manajemen (SIM)
a. Definisi
1) Menurut Raymond Mc Leod (dalam Iswara, ____) sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi pemakai dengan kebutuhan yang serupa.
2) Menurut Gordon B. Davis (dalam Iswara, ____) integrasi manusia/mesin guna menyediakan informasi untuk mendukung fungsi operasional manajemen & pengambilan keputusan pada suatu organisasi.
b. Elemen-elemen SIM
1) Hardware
2) Software
3) Procedure
4) Database
5) Model
c. Tujuan SIM
Memenuhi kebutuhan informasi umum semua manajer dalam perusahaan atau dalam sub unit organisasional perusahaan (subunit dapat disasarkan pada area fungsional atau tingkatan manajemen).
3. Sistem Penunjang Keputusan (SPK)
a. Definisi
Sistem komputer yang interaktif yang membantu pembuat keputusan dalam menggunakan dan memanfaatkan data dan model untuk memecahkan masalah yang tidak terstruktur.
b. Tujuan
1) Memberikan dukungan untuk pembuatan keputusan pada masalah yang semi/tidak terstruktur.
2) Memberikan dukungan pembuatan keputusan kepada manajer pada semua tingkat untuk membantu integrasi antar tingkat.
3) Meningkatkan efektifitas manajer dalam pembuatan keputusan & bukan peningkatan efisiennya.
c. Karakteristik SPK
1) Adaptability
2) Flexibility
3) User Friendly
4) Support Intelligence
5) Design
6) Choice
7) Effectiveness
d. Tiga tingkatan teknologi SPK
1) Specific DSS
Merupakan hardware/software yang memungkinkan seseorang/sekelompok orang pengambil keputusan melakukan analitik terhadap suatu masalah tertentu.
2) DSS Generator
Suatu paket hardware/software yang mampu secara cepat dan mudah membuat spesifik DSS.
3) DSS Tools
Suatu hardware/software yang membantu pembuatan spesifik DSS dan generator DSS.
e. Manfaat SPK
1) meningkatkan jumlah alternative yang dipilih
2) pemahaman yang lebih baik tentang bisnis
3) respon yang cepat terhadap situasi yang tidak diharapkan
4) Kontrol yang lebih baik.
4. Otomatisasi Kantor / Office Automation (OA)
a. Definisi
Semua sistem elektronik formal dan informal terutama yang berkaitan dengan komunikasi informasi ke dan dari orang-orang di dalam maupun di luar perusahaan.
b. Fungsi OA
Untuk memudahkan segala jenis komunikasi baik lisan maupun tulisan dan menyediakan informasi yang lebih baik untuk pengambilan keputusan.
c. Tujuan OA
1) Penghindaran biaya
2) Pemecahan masalah kelompok
3) Sebagai pelengkap
d. Aplikasi OA
1) Word Processing
2) Email
3) Voice Mail
4) Electronic Calendering
5) Audio Conferencing
6) Video Conferencing
7) Computer Conferencing
8) Facsimile Transmission
9) Video Text
10) Imaging
11) Desktop Publishing
5. Sistem Pakar
a, Definisi
Program komputer yang berfungsi seperti manusia, yaitu memberi konsultasi kepada pemakai mengenai cara pemecahan masalah.
b. Komponen Sistem Pakar
1) User Interface
Memungkinkan pemakai untuk dapat berinteraksi dengan sistem pakar
2) Knowledge Base
Menyimpan pengetahuan gabungan yang digunakan untuk memecahkan masalah tertentu.
3) Inference Engine
Memberikan kemampuan penalaran yang menginterpretasikan isi dari knowledge base
4) Development Engine
Digunakan oleh ahli dan analisis system untuk menciptakan sistem pakar.
c. Output Sistem Pakar
1) Penjelasan pertanyaan
2) Penjelasan pemecahan masalah
Referensi:
Laudon, K. C. & Laudon, J. P. (2008). Sistem informasi manajemen, edisi 10 buku 2. Jakarta: Salemba Empat.
Fatta, H. A. (2007). Analisis dan perancangan sistem informasi untuk keunggulan bersaing perusahaan dan organisasi modern. Yogyakarta: Andi Offset.
Wahyono, T. (2003). Computer Based Information System (CBIS). http://fe.unpas.ac.id/fe_app/uploaduser/artikel/teguh-cbis01.pdf diakses tanggal 1 November 2015.
Iswara, H. (____). Evolusi dan aplikasi SI berbasis komputer. http://harya.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/27108/evolusi+%26+aplikasi+SI+berbasis+komputer.pdf diakses tanggal 1 November 2015.
2 komentar:
Mantap Sekali,thanks
Siap,,
Vinyl Anti Bakteri
Vinyl Rumah Sakit
LG Medistep Allroad
Posting Komentar